Sebelum kita mengetahui apa pengertian dari manajemen proyek ,terlebih kita mengetahui pengertian dari proyek, dan pengertian manajemen itu sendiri. Karna menurut sumber yang saya baca manajemen proyek terdiri dari dua kata yaitu proyek dan manajemen.
A. Pengertian Proyek
Proyek merupakan suatu kegiatan yang mengkoordinasikan segala sesuatunya dengan menggunakan perpaduan sumber daya manusia ,teknik, administratif, dan keuangan, untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan jelas dengan jangka waktu tertentu.
Proyek pun memiliki karakteristik, yaitu sebagai berikut:
- mempunyai tujuan yang jelas, menuju atau membuat prubahan,atau pun produk baru,
- semua kegiatannya di batasi waktu yang telah ditentukan, sifatnya sementara, dan diketahui kapan waktu mulai dan berakhirnya suatu proyek.
- pengerjaanya di batasi oleh waktu,biaya,atau budget, dan juga kualitas
- biasanya tidak berulang-ulang
- memerlukan struktur organisasi temporari
Contoh proyek :
- pembuatan rumah
- pembuatan jalan raya
- pembuatan iklan perusahaan
- pembentukan tim evaluasi lokasi baru perusahaan
- pembuatan prototipe produk baru
- pembuatan perangkat lunak
- pemasangan jaringan wi-fi
- dll.
B. Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan bersama dengan menggunakan empat fungsi utama, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling yang didasari pada sumber daya yang dimiliki.
Jadi Manajemen Proyek adalah suatau perencanaan yang terstruktur dengan ketentuan – ketentuan tertentu,untuk mencapai suatu tujuan yang jelas,dan dalam waktu yang telah ditentukan.
sumber:
• http://www.docstoc.com
• http://www.google.co.id
0 komentar:
Posting Komentar