Kamis, 30 Desember 2010

Membandingkan dua media massa


Pengutil Itu Menyembunyikan Sepatu di..Balik Branya

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA--Ekonomi Amerika Serikat yang memburuk membuat seorang perempuan negara itu yang kehilangan pekerjaan mencoba peruntungan baru: menjadi pengutil di pusat perbelanjaan. Ia biasanya mengambil barang-barang bermerek yang nilainya mahal.

Namun kali ini, dia ketiban sial. Bersama teman prianya, ia
mengutil sepasang sepatu di Beall's Outlet. Modus operandinya pun lumayan rapi: disembunyikan di dalam bra, di balik, maaf, payudaranya. Namun yang luput dari perhatian mereka, ternyata kamera CCTV mengintai gerak-gerik mereka.

Maka begitu keluar mal, mereka digeledah. Aparat keamanan menemukan sepasang sepatu seharga 159,88 dolar AS masih ngumpet di tempat tersembunyiannya. Plus satu "bonus": barang lain di tas teman prianya senilai 17,99 dolar AS. Kini keduanya meringkuk di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.


Pembenaran dalam paragraf di atas :
pengutil = pencuri
mrngutil = mencuri



Kebakaran Lumat Empat Rumah Kontrakan


JAKARTA, KOMPAS.com - Empat rumah kontrakan di kawasan Kembangan Utara, RT 08 RW 01, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (28/12/2010), hangus akibat dilalap si jago merah.
Menurut petugas operator radio TMC Polda Metro Jaya, Aipda Herbet, aApi diketahui bermula sekitar pukul 15.00 WIB. "Asal api diduga berasal dari sebuah kos-kosan milik Ibu Hj Samsiah. Penyebabnya korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa atau pun korban luka dari kebakaran tersebut," ujar Aipda Herbet.
Hingga laporan ini diturunkan, petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta telah tiba di lokasi kejadian dan mmbawa empat mobil damkar. Saat ini api telah berhasil dipadamkan.
Pembenaran dalam paragraf di atas :
aApi   = api
mmbawa = membawa

Hasil Perbandingan :
·    Menurut saya ,Setiap media massa pasti mempunyai target pembaca tersendiri. Ada yang dari kalangan bawah, menengah dan menengah ke atas. Koran Kompas merupakan media massa yang mempunyai target pembaca menengah ke atas, sedangkan Republika menengah ke bawah. Semua itu dapat kita lihat dari penggunaan kata-katanya.


0 komentar:

Posting Komentar