Minggu, 06 Juni 2010

2.2.3 Dioda

2.2.3 Dioda
Dioda merupakan suatu semikonduktor yang hanya dapat menghantarkan arus listrik dan tegangan listrik pada satua arah saja. Dioda dibuat dari bahan germanium dan silicon. Dan berfungsi untuk menyearahkan tegangan ac menjadi tegangan dc, diode berasal dari kata “di” yang berarti dua dan “oda” yang berarti elektroda.
Jadi dua elektroda (anoda dan katoda) yang di gabung menjadi satu komponen. Dioda pada umunya di spesifikasikan dalam nilai batas tegangan dan arus. Dioda diadalam elektronika sering di perlukan , karena suatu komponen yang dapat mengalirkan arus apabila diberi tegangan pada satu arah saja dan tidak mengalirkan arus apabila diberi tegangan dengan arah yang berlawanan. Untuk tegangan yang rendah, masih menggunakan dioda yang terbuat dari bahan semi konduktor (Germanium dan Silikon).
Untuk tegangan tinggi orang masih banyak memakai dioda vakum. Bahan semi konduktor adalah bahan yang mempunyai 4 elektron valulsi seperti silikon (Si), Germanium (Ge), dan Stanum (Sn). Keempat elektron valensi tersebut saling mengikat yang dikenal dengan ikatan kovalen dan bermuatan netral (semi -

konduktor instrinsik). Dioda dibuat dari bahan semi konduktor jenis P atau jenis N. Pertemuan dua elektroda atau junction dioda antara anoda (elektroda positif) dan katoda (elektroda negatif).

sumbaer :
http://www.wikipedia.org/
http://www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar