Selasa, 08 Juni 2010

BAB V PENUTUP

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Rangkaian Room Noise adalah rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pendeteksi suara atau kebisingan pada suatu ruangan atau lingkungan tertantu. Alat ini menggunakan Op-Amp yang berfungsi sebagai penguat differensial dari suara yang ditangkap oleh Microphone dan sebagai penguat non-inverting juga. Rangkaian ini juga disertai dengan Switch yang dapat mengatur sensitivitas alat terhadap kebisingan dalam ruangan atau lingkungan dalam dB. Rangkaian ini juga disertai dengan LED yang berfungsi sebagai pemberi sinyal berupa sinar LED, yang akan menyala jika di ruangan tertentu atau di lingkungan tertentu telah melewati ambang batas yang telah d tentukan.

Setelah menyelesaikan proyek Sirene ini kami juga dapat menarik kesimpulan lain, antara lain :
a)     Untuk dapat menyelesaikan suatu proyek harus benar-benar terencana karena untuk dapat menghasilkan proyek yang baik, harus dimulai dengan
perencanaan komponen, dan kemudian pembuatan jalur rangkaian pada
papan PCB dengan memperhatikan contoh rangkaian pada sket gambar
yang diberikan.
b)     Dengan memanfaatkan teori dan praktek pada praktikum elektronika dasar
kami mulai merangkai komponen pada PCB yang sebelumnya telah kita
buat jalur rangkaiannya.
c)      Room Noise ini merupakan rangkaian elektronika yang terdiri dari komponenkomponen seperti resistor, transistor, kapasitor, rotary switch, IC (Integral Circuit), miniature electret microphone, dan LED, yang semuanya dirangkai sehingga didapatkan hasil seperti yang diinginkan.
d)     Room Noise ini merupakan salah satu dari alat elektronika sederhana dan bermanfaat sekali pada penggunaannya,terutam pada bidang pendidikan, yaitu dapat mengontrol semua ruangan kelas agar tidak membuat keributan atau suara bising, yang  dapat mengganggu kelas – kelas yang lain. Room Noise ini diharapkan dapat memberikan solusi dan alternative bagi keperluan kita semua, yang penggunaannya sebagai alat. 

0 komentar:

Posting Komentar