Selasa, 08 Juni 2010

BAB V PENUTUP

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Rangkaian BCD to 7 Segment Decoder adalah rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkonversi bilangan BCD menjadi bilangan desimal. Alat ini menggunakan sebuah IC Decoder yang untuk menampilkan kode-kode biner menjadi tanda-tanda yang dapat ditanggapi secara visual di dalam sebuah Display.
Rangkaian ini disertai dengan 4 buah Switch yang digunakan untuk menentukan masukan (input) yakni berupa bilangan BCD (Binary-Coded Decimal). Rangkaian ini juga disertai dengan sebuah 7 Segment Display yang berfungsi sebagai output dari rangkaian ini, yakni berupa bilangan/ angka dalam bentuk desimal.
Setelah menyelesaikan proyek BCD to 7 Segment Decoder ini kami juga dapat menarik kesimpulan lain, antara lain :
a)     Untuk dapat menyelesaikan suatu proyek harus benar-benar terencana karena untuk dapat menghasilkan proyek yang baik, harus dimulai dengan
perencanaan komponen, dan kemudian pembuatan jalur rangkaian pada
papan PCB dengan memperhatikan contoh rangkaian pada sket gambar
yang diberikan.
b)     Dengan memanfaatkan teori dan praktek pada praktikum sistem digital
kami mulai merangkai komponen pada PCB yang sebelumnya telah kita
buat jalur rangkaiannya.
c)      BCD to 7 Segment Decoder ini merupakan rangkaian digital yang terdiri dari komponen-komponen seperti resistor, switch, IC (Integral Circuit), 7 segment display, dan LED, yang semuanya dirangkai sehingga didapatkan hasil seperti yang diinginkan.
d)     BCD to 7 Segment Decoder ini merupakan salah satu dari alat digital sederhana dan bermanfaat sekali pada penggunaannya, terutama pada bidang pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar