Selasa, 08 Juni 2010

3.2 Analisa Rangkaian Secara Detail



Analisa dibawah ini adalah analisa secara detail yaitu berisi tentang pengoprasian alat atau cara kerja dari rangkaian Room Noise.
*      pertama suara dari luar terdeteksi oleh Miniature electret microphone.
*      Switch SW1A terhubung dengan SW1B ,dmana SW1A mengatur besarnya hambatan yang nantinya sesuai dengan SW1B yang mengatur besarnya sensitivitas dalam dB.
*      Op-Amp IC1A berfungsi sebagai penguat differential, dimana op-amp ini membandingkan input di kaki inverting dan non-inverting. Pada kaki inverting  IC1A adalah tegangan referensi yang dapat di atur melalui pemilihan nilai resistor. Pada kaki non-inverting IC1A mendapat mendapat input yang dipengaruhi oleh sinyal yang masuk melalui Miniature Electret Microphone. Output yang keluar dari IC1A masuk ke kaki non-inverting pada IC1B.
*      Op-Amp IC1B berfungsi sebagai penguat non-inverting, dimana input yang masuk ke kaki non-inverting dikuatkan sesuai dengan rumus Vout= 1+R10/R8 . Output yang keluar dari IC1B masuk ke kapasitor C4.
*      Bila output yang masuk ke C4 bernilai lebih besar atau sama dengan 9V maka C4 akan discharging sampai bernilai Nol sehingga dapat melewati transistor PNP Q1 dan LED akan menyala. Sebaliknya bila output yang masuk ke C4 bernilai lebih kecil dari 9V, maka C4 tidak akan discharging, sehingga tidak dapat melewati transistor PNP Q1, dan LED tidak akan menyala.
*      Switch SW1A dan SW1B mempunyai 4 ways / saklar, dimana saklar 1 berfungsi sebagai switch ON / OFF dari rangkaian serta saklar kedua, ketiga, dan keempat,yang berfungsi untuk mengatur sensitivitas dari rangkaian tersebut.LED D1 akan menyala bila di ruangan tertentu tingkat kebisingannya melewati batas dB yang di setel.
*      Pengaturan 65 dB digunakan untuk memonitor kebisingan di kamar tidur pada malam hari. Jika LED menyala trus maka ruangan tersebut teerlalu bising untuk kita tiduri.
*      Pengaturan 75 dB digunakan untuk memonitor kebisingan suara di ruangan keluarga. Jika melebihi batas ini, maka ruanganterasa kurang nyaman.
*      Jika suara secara konstan berada ada level diatas 85 dB, artinya anda berada pada suatu ruangan atau lingkungan yang sangat bising.     


sumbaer :
  • http://www.wikipedia.org/
  • http://www.google.com



0 komentar:

Posting Komentar