Selasa, 08 Juni 2010

5.2 Saran.

Pembuatan proyek rangkaian digital seperti ini ternyata sangat membantu dalam kreatifitas para mahasiswa, terutama kami sebagai mahasiswa jurusan Sistem Komputer yang tentunya sangat perlu belajar untuk membuat proyek-proyek rangkaian digital seperti ini. Dan rangkaian ini dapat dikembangkan lebih luas lagi sehingga hasilnya akan lebih bermanfaat.
Rangkaian BCD to 7 Segment Decoder ini mungkin masih jauh dari kesempurnaan karena masih adanya keterbatasan ilmu pengetahuan, oleh karena itu masih banyak kemungkinan pengembangan yang dapat dilakukan dari rangkaian BCD to 7 Segment Decoder ini. Dari keseluruhan kerja yang telah kami lakukkan, dan berbagi kendala yang terjadi selama proses pembuatan rangkaian BCD to 7 Segment Decoder ini, mulai dari pembuatan skema pada Printed Circuit Board (PCB), pemasangan, dan penyolderan komponen hingga pemasangan ke dalam box / aklirik yang telah jadi, penulis menyarankan beberapa hal, antara lain :
v     Untuk pembuatan skema pada PCB, beri mahasiswa pelatihan khusus untuk membuat skema pada PCB dan yakinkan bahwa hitamnya tinta sebuah bagus / penuh (tidak berpori / berserat) sebelum merendamnya dalam larutan Ferri Clorit agar hasilnya bagus.
v     Pada saat pemasangan komponen, pastikan kaki-kaki komponen tidak tertukar tempat pada lubang (hole) PCB.
v     Untuk penyolderan, gunakan timah yang kilapnya bagus (biasanya merk Asahi) dan hindarkan terlalu lama memanaskan nya pada kaki komponen agar komponen tidak rusak (terutama untuk komponen IC) serta buatlah cairan timah pengerutan pada kaki komponen.
v     Periksalah seluruh rangkain sekali atau dua kali lagi sebelum mencoba
menggunakan BCD to 7 Segment Decoder yang telah dibuat.
  

Dan setelah melaksanakan praktikum, kami ingin menyampaikan beberapa saran diantaranya adalah :
1.   Agar materi yang disampaikan untuk bahan pembuatan proyek atau makalah lebih di tingkatkan lagi.
2.   Pemeliharaan alat-alat praktikum agar lebih diperhatikan lagi terutama IC dan komponen-komponen lainnya.
3.   Untuk waktu yang diberikan pada saat proyek dan pembuatan makalah, agar dapat ditambah.
4.   Dalam penbuatan alat dan makalah ini, kami harap kakak Asisten dapat membantu dan memberikan petunjuk.
5.   Untuk waktu yang diberikan pada saat proyek dan pembuatan makalah, agar dapat ditambah, karena tugas kami saat kuliah sangat banyak, tidak hanya mengerjakan proyek ini saja.






0 komentar:

Posting Komentar